TUGAS KELOMPOK
MATA KULIAH : MEMBACA
Prodi : Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Disusun oleh :
1.
Mohammad Irfani
2.
Kennedo
Herlambang S.
3.
Wadi Apriliyanto
4.
Deny Eko Tri Mukti
5.
Retno Ningsih
6.
Ariful Umam
UNIVERSITAS PEKALONGAN
2013
TUGAS
MATA KULIAH MEMBACA
1. Jelaskan
dengan beberapa contoh betapa pentingnya keterampilan membaca dalam kehidupan
sehari-hari.!
2. Membaca
merupakan interaksi tidak langsung antara penulis dengan pembaca.
Coba jelaskan maksud dari pernyataan
tersebut!
3. Membaca
merupakan proses kompleks, apa artinya ?
4. Ketrampilan
membaca para pelajar sangat kurang. Coba anda berikan beberapa contoh yang
mendukung pernyataan tersebut!
5. Apa
peranan membaca bagi pertumbuhan keterampilan berbicara dan menulis?
Jawab
:
1.
Keterampilan
membaca akan sangat mempengaruhi keluasan dan kedalaman pandangan tentang
berbagai masalah yang dihadapi. Untuk mengetahui perkembangan dari sebagian
ilmu pengetahuan dan informasi lainnya, maka diperlukan keterampilan membaca. Dalam kehidupan
sehari-hari secara tidak sadar pastinya kita selalu membaca, sebagai contoh :
setiap
bangun tidur kita pasti membaca doa, begitu juga ketika kita hendak berangkat belajar (kuliah)
pasti membaca jadwal kuliah, demikian pula sebelum kita bisa menghafal sesuatu dengan
baik pastinya kita memerlukan keterampilan membaca
terlebih dahulu. Hal ini
menunjukkan betapa pentingnya keterampilan membaca dalam kehidupan kita
sehari-hari.
2. Dalam
kegiatan membaca terjadi interaksi antara pembaca dan penulis yang melibatkan 2 hal yaitu : (1) Pembaca yang
berimplikasi adanya pemahaman, dan (2) Teks yang berimplikasi adanya penulis. Kegiatan
membaca merupakan kegiatan Reseptif Aktif.
Reseptif artinya dengan membaca pembaca menerima informasi,
ide, atau amanat yang ingin disampaikan penulis. Sedangkan Aktif artinya pembaca aktif dalam
menggunakan kemampuan visual dan kognitifnya untuk menafsirkan lambang-lambang
atau tulisan sekaligus menginterpretasikannya sehingga isi bacaannya bermakna
dan dapat dipahami. Contohnya melalui Novel, buku, dan media
cetak lainnya sehingga pembaca tahu maksud/ ide/ gagasan/ amanat yang ingin disampaikan penulis yaitu dengan cara membaca. Akan tetapi, meskipun terjadi secara tidak langsung
tetapi tetap bersifat komunikatif. Inilah mengapa kegiatan membaca disebut juga
interaksi secara tidak langsung antara penulis dengan pembaca.
3. Membaca
merupakan proses atau kegiatan yang kompleks karena di dalam membaca selain
membutuhkan kemampuan visual untuk membaca lambang-lambang huruf menjadi
bermakna, kemampuan kognitif juga diperlukan untuk memahami bacaan tersebut.
4. Perpustakaan
jarang dikunjungi para pelajar, tidak adanya lagi perpustakaan keliling, tidak
ada kegiatan ekstrakurikuler membaca di lembaga pendidikan, dan semakin
banyaknya jenis hiburan seperti permainan (game) dan tayangan TV membuat pelajar lebih beralih dari buku ke jenis
hiburan tersebut. Dan ini
membuat semakin rendahnya keterampilan membaca para pelajar.
5. Peranan keterampilan membaca terhadap keterampilan
berbicara dan menulis, yaitu :
a. Peranan
membaca terhadap ketrampilan berbicara : Membaca merupakan pelatihan secara
tidak langsung untuk melafalkan kata.
b.
Peranan membaca terhadap ketrampilan
menulis : Keterampilan menulis merupakan
keterampilan produktif yang hanya dapat diperoleh setelah keterampilan
menyimak, berbicara dan membaca. Keterampilan menulis bukan hanya sekedar
melambangkan pola bahasa yang terucapkan tetapi merupakan suatu wadah untuk
mengkomunikasikan suatu pikiran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar