Kamis, 07 November 2013

Tugas Makul Membaca




TUGAS KELOMPOK
MATA KULIAH : MEMBACA


Prodi   : Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia




 


Disusun oleh :
1.      Mohammad Irfani
2.      Kennedo Herlambang S.
3.      Wadi Apriliyanto             
4.      Deny Eko Tri Mukti
5.      Retno Ningsih
6.      Ariful Umam



UNIVERSITAS PEKALONGAN
2013


TUGAS MATA KULIAH MEMBACA

1.  Jelaskan dengan beberapa contoh betapa pentingnya keterampilan membaca dalam kehidupan sehari-hari.!
2.      Membaca merupakan interaksi tidak langsung antara penulis dengan pembaca.
Coba jelaskan maksud dari pernyataan tersebut!
3.      Membaca merupakan proses kompleks, apa artinya ?
4.  Ketrampilan membaca para pelajar sangat kurang. Coba anda berikan beberapa contoh yang mendukung pernyataan tersebut!
5.      Apa peranan membaca bagi pertumbuhan keterampilan berbicara dan menulis?

Jawab :
1.      Keterampilan membaca akan sangat mempengaruhi keluasan dan kedalaman pandangan tentang berbagai masalah yang dihadapi. Untuk mengetahui perkembangan dari sebagian ilmu pengetahuan dan informasi lainnya, maka diperlukan keterampilan membaca. Dalam kehidupan sehari-hari secara tidak sadar pastinya kita selalu membaca, sebagai contoh : setiap bangun tidur kita pasti membaca doa, begitu juga ketika kita hendak berangkat belajar (kuliah) pasti membaca jadwal kuliah, demikian pula sebelum kita bisa menghafal sesuatu  dengan baik pastinya kita memerlukan keterampilan membaca terlebih dahulu. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya keterampilan membaca dalam kehidupan kita sehari-hari.
2.      Dalam kegiatan membaca terjadi interaksi antara pembaca dan penulis yang  melibatkan 2 hal yaitu : (1) Pembaca yang berimplikasi adanya pemahaman, dan (2) Teks yang berimplikasi adanya penulis. Kegiatan membaca merupakan kegiatan Reseptif Aktif. Reseptif artinya dengan membaca pembaca menerima informasi, ide, atau amanat yang ingin disampaikan penulis. Sedangkan Aktif artinya pembaca aktif dalam menggunakan kemampuan visual dan kognitifnya untuk menafsirkan lambang-lambang atau tulisan sekaligus menginterpretasikannya sehingga isi bacaannya bermakna dan dapat dipahami. Contohnya melalui Novel, buku, dan media cetak lainnya sehingga pembaca tahu maksud/ ide/ gagasan/ amanat  yang ingin disampaikan penulis yaitu dengan cara membaca. Akan tetapi, meskipun terjadi secara tidak langsung tetapi tetap bersifat komunikatif. Inilah mengapa kegiatan membaca disebut juga interaksi secara tidak langsung antara penulis dengan pembaca.
3.      Membaca merupakan proses atau kegiatan yang kompleks karena di dalam membaca selain membutuhkan kemampuan visual untuk membaca lambang-lambang huruf menjadi bermakna, kemampuan kognitif juga diperlukan untuk memahami bacaan tersebut.
4.      Perpustakaan jarang dikunjungi para pelajar, tidak adanya lagi perpustakaan keliling, tidak ada kegiatan ekstrakurikuler membaca di lembaga pendidikan, dan semakin banyaknya jenis hiburan seperti permainan (game) dan tayangan TV membuat  pelajar lebih beralih dari buku ke jenis hiburan tersebut. Dan ini membuat semakin rendahnya keterampilan membaca para pelajar.
5.      Peranan keterampilan membaca terhadap keterampilan berbicara dan menulis, yaitu :
a.       Peranan membaca terhadap ketrampilan berbicara : Membaca merupakan pelatihan secara tidak langsung untuk melafalkan kata.
b.      Peranan membaca terhadap ketrampilan menulis : Keterampilan menulis merupakan keterampilan produktif yang hanya dapat diperoleh setelah keterampilan menyimak, berbicara dan membaca. Keterampilan menulis bukan hanya sekedar melambangkan pola bahasa yang terucapkan tetapi merupakan suatu wadah untuk mengkomunikasikan suatu pikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar